Penguasaan banyaknya kosakata atau vocabulary sangat penting. vocabulary sangat dibutuhkan disemua skills dalam bahasa Inggris seperti listening, speaking, reading, dan writing. Dalam speaking, good vocabulary means better conversation skills. Dalam writing pun vocabulary juga sangat penting, vocabulary mempengaruhi bagus atau tidak artikel yang kalian tulis. Jadi, bagaimana sih caranya meningkatkan vocabulary kita? Baca dan ikuti

4 langkah mudah meningkatkan vocabulary berikut ini:

1. Banyaklah membaca
Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan vocabulary kalian. Selain dapat mendapatkan informasi-informasi dari membaca, membaca dapat meningkatkan perbendaharaan kata kita. Bacalah minimal 2 artikel bahasa Inggris setiap hari, atau lebih sering membaca lebih baik. Pahamilah apa yang kalian baca. Temukan kata-kata yang menurut kalian asing dan carilah artinya. Dengan begitu secara langsung akan meningkatkan vocabulary kalian. Jadi mulai sekarang jangan malas membaca ya.

2. Tulislah kosakata baru yang kalian dapatkan
Mulai sekarang biasakan diri kalian untuk mencatat setiap kosakata/vocabulary baru yang kalian dapat. Kenapa ini dilakukan? Penelitian mengungkapkan kebiasaan menulis membuat kita mudah mengingat apa yang telah kita tulis. Ya hal ini membantu kalian mengingat kosakata-kosakata baru yang kalian baca atau dengar. jadi catatlah semua kosakata-kosakata baru kalian!

3. Temukan sinonim dari kosakata kalian
Kenapa ini harus dilakukan? Karena dengan mencari sinonim dari kosakata baru yang kalian peroleh, kalian juga akan mendapatkan kosakata baru lagi. Cukup temukan 2 atau lebih kata yang memiliki arti yang sama dari vocabulary yang kalian miliki. Dengan begini kalian akan memperoleh banyak kosakata baru lagi. Cara ini juga dapat membantu kalian dalam pemilihan kata saat berbicara atau menulis.

4. Mulai gunakan kosakata yang kalian pelajari
Saat kalian sudah memperoleh banyak sekali kosakata/vocabulary baru, yang harus kalian lakukan adalah menggunakannya. Kalian bisa menulis suatu artikel atau membuat sebuah teks pidato. Gunakan kosakata itu saat kalian berbicara atau menulis. Atau kalian dapat melakukannya sambil bermain seperti permainan Scrabble. Ajaklah sahabat kalian untuk bermain. Menyenangkan bukan?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *