Banyak orang beranggapan bahwa belajar TOEFL merupakan hal yang tidak begitu penting. Toh, hanya untuk mereka yang mau melanjutkan sekolah ke luar negeri saja. Eitss! Please be open-minded!! Karena TOEFL itu tidak hanya untuk yang sekolah ke luar negeri saja, bahkan sekarang pun para Ibu rumah tangga mau belajar TOEFL.
Kalau gitu, what is TOEFL? TOEFL (Test of English as Foreign Language), yang artinya test proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa adanya proses belajar-mengajar. TOEFL terdiri atas Listening, Structure, Reading dan Writing.
Terus susah gak belajarnya? Engga ko, asal kalian dengan segenap hati, jiwa dan raga mau belajar dan mau tau sampai dimana kemampuan bahasa Inggris kalian.
Well, let me give you some insights. Nah di masing-masing section nya, ada banyak skill yang harus kalian ketahui. Sebaiknya, jangan hanya dihafal tapi juga dimengerti. Banyak lho sekarang yang udah mulai sadar akan pentingnya TOEFL. Bahkan mereka ga segan-segan belajar sana-sini, cari bukunya, dan gurunya hehe. In fact, buat kalian yang lagi cari kerja, pasti bakal nemuiin perusahaan-perusahaan yang require test TOEFL nah lho!
Tidak bisa dipungkiri, bahwa sekarang sudah memasuki era globalisasi, pasti bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan primer untuk berkomunikasi, bernegoisasi, melanjutkan sekolah dan lainnya. Udah ga bisa yang cuma basic aja.
Kalau kalian bingung mau mulai darimana belajarnya. Nah yang recommended bukunya itu yang judulnya Longman. Ada dua tipe bukunya ini, yaitu Longman Introductory Course dan Longman Preparation Course. Longman Introductory Course itu sendiri isinya soal-soal TOEFL untuk pemula atau yang belum pernah sama sekali belajar TOEFL. Whereas, Longman Preparation Course itu soal-soalnya lumayan sulit dan direkomendasikan untuk kalian-kalian yang sudah kenal dengan basic TOEFL.

That’s why buat temen-temen yang mau masa depannya cerah, yang punya banyak waktu, and tentunya niat juga, lebih baik kalian mengisi waktu luang untuk belajar TOEFL or kalau udah yakin bisa, langsung test aja. Jangan pernah bilang “susah ah”, “aduh ga ngerti”, “ga penting buat aku”,dll kan belum dicoba. Bahkan diva sekelas Madonna pernah bilang gini “You’ll never know if you’ll never try.”
Good luck for your TOEFL experience!!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *