1. ITALIA

Meskipun perguruan tinggi swasta di Italia dapat diketahui biaya berkisar hingga US $ 17.360 (Rp 250.279.120) per tahun, ternyata perguruan tinggi negeri di Italia yang nyata lebih murah, biaya untuk program sarjana berkisar antara US $ 920-1,080 (Rp 13.263.640-15.570.360) per tahun.

Ada juga peluang pendanaan bagi mahasiswa Uni Eropa yang memenuhi syarat untuk menerima pinjaman, hibah, beasiswa dan keringanan biaya lainnya.

 

2. SPANYOL

Eropa memang terkenal dengan sistem pendidikannya yang sangat baik, selain Jerman, Spanyol juga menawarkan peluang bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di negara ini. Dengan hak pendidikan yang sama seperti mahasiswa Spanyol, siswa Uni Eropa tidak diharuskan untuk membayar biaya pendidikan tinggi. Mahasiswa internasional, sementara itu, dapat belajar di Spanyol untuk harga antara US $ 740-1,500 (Rp 10.668.580-21.625.500)/tahun di lembaga pendidikan publik.

 

3. TAIWAN

Struktur pendidikan Taiwan terdiri dari tahap pendidikan dengan tingkat yang berbeda dengan total kurang lebih 22 tahun pendidikan formal. Struktur pendidikan tersebut tidak jauh berbeda dengan struktur pendidikan di Indonesia, meliputi 2 tahun pendidikan pra-sekolah atau taman kanak-kanak, 6 tahun sekolah dasar, 3 tahun sekolah menengah pertama, 3 tahun sekolah menengah atas, 4 tahun college atau universitas (7 tahun ntuk pendidikan kedokteran), 2 sampai 4 tahun sekolah pasca sarjana (master) dan 4-7 tahun untuk program doctoral.

Biaya studi di Taiwan terbilang cukup terjangkau mengingat saat ini negara dengan ibu kota Taipei ini menjadi salah satu tujuan studi bagi para siswa internasional. Untuk jenjang universitas, rata-rata biaya yang perlu dikeluarkan sekitar NT$58.714 atau 24 juta dalam rupiah.

 

4. JERMAN

Sistem pendidikan di Jerman mencakup kinderkrippe (penitipan anak) selama kurang dari dua tahun, kindergarten (taman kanak-kanak), grundschule (sekolah dasar), sekolah lanjutan yang terdiri dari program sarjana, master dan doktoral.

Jerman salah satu negara Eropa yang menjadi tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jerman menghapuskan biaya kuliah untuk mahasiswa sarjana di seluruh perguruan tinggi publik Jerman. Ini berarti, baik mahasiswa sarjana domestik dan internasional di universitas negeri di Jerman dapat belajar secara gratis, hanya dengan biaya yang kecil untuk menutupi administrasi dan biaya lainnya per semester ditambah biaya hidup.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *