Masa orientasi menjadi salah satu moment penting bagi para pelajar yang baru saya menginjakan kaki di dunia perkuliahan.

Proses pelaksanaannya terkadang menjadi ciri khas di masing-masing kampus. Ada yang berbagai macam cara dalam mengorientasi mahasiswa barunya, dari mulai senioritas sampai perpeloncoan.

Tapi ada beberapa kampus yang malah menyajikan ospek tanpa unsur negatif. Salah satunya adalah universitas di Scotland yang merupakan tempat dimana pangeran William dan Kate Middleton belajar, yaitu Universitas St. Andrews. Universitas bisa dibilang memiliki sistem ospek yang banyak mengandung unsur positif, dimana pada saat tahun ajaran baru, para mahasiswa baru akan diadopsi oleh mahasiswa senior di tahun ketiga untuk menjadi adik angkat mereka. Mereka hidup dan membiasakan diri layaknya kakak beradik selama proses adopsi ini. Di bulan kedua, mahasiswa baru diharuskan mengadakan kunjungan ke rumah asrama kakak tingkat mereka. Setelah proses adopsi ini berakhir, mereka akan mengadakan pesta bersama sebagai tanda berakhirnya masa orientasi.

Keren kan? Daripada diisi oleh pembullyan dan perpeloncoan, lebih baik sebagai kakak senior, kita membimbing junior kita sebelum mereka menghadapi dunia perkuliahan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *