TOEFL atau Test of English as a Foreign Languages, merupakan tes bahasa Inggris yang dilakukan guna mengukur atau mengetahui kecakapan dan kapabilitas seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes ini pertama kali diperkenalkan tahun 1963 oleh ETS (Educational Testing Service). Tes TOEFL ini biasanya digunakan juga sebagai standard untuk tes masuk universitas.
Ada beberapa jenis tes TOEFL, yang kali ini akan kita bahas adalah PBT dan IBT. Pada dasarnya, perbedaan antara TOEFL PBT dan TOEFL IBT adalah cara pengujiannya, dimana PBT adalah Paper Based Test yaitu tes tertulis (menggunakan kertas) dan IBT adalah Internet Based Test yaitu tes dengan menggunakan computer dan koneksi internet.

Namun selain itu, ternyata masih ada perbedaan lain antara TOEFL PBT dan IBT loh!

1. Sesi tes : TOEFL PBT memiliki 3 sesi yaitu Listening, Structure dan Reading, dimana TOEFL IBT memiliki 4 sesi yaitu Reading, Listening, Writing dan Speaking.

2. Skor tes : Rentang skor TOEFL PBT berkisar dari 310 – 677, sementara TOEFL IBT memiliki rentang skor 0 – 120.

3. Penggunaan : Penggunaan kedua jenis TOELF ini sebetulnya tidak jauh berbeda, namun seiring dengan berkembangannya zaman dan ilmu pendidikan, banyak lembaga yang sudah meng-upgrade rekruitmen mereka menjadi TOEFL IBT. Namun masih ada juga yang menggunakan TOEFL PBT.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *