Setiap negara pasti memiliki ciri khas masing-masing. Tidak hanya dalam bidang budaya, ciri khas tersebut juga dapat berupa sistem pemerintahan, kegiatan religius ataupun adat istiadat. Namun beberapa negara di dunia memiliki ciri khas dalam bidang pendidikan. Berikut adalah sekilas fakta unik sistem pendidikan beberapa negara di di dunia.

 

  1. Sistem School of the Air di Australia, yaitu adalah siaran meteri pelajaran melalui radio. Program ini bertujuan agar murid yang tinggal di tempat yang jauh dari sekolah / terpencil tetap dapat mendapatkan ilmu / mengikuti pelajaran.
  2. Di Rusia, anak-anak selalu memulai sekolah pada “Knowledge Day” yang jatuh pada tanggal 1 September, bahkan jika itu adalah akhir pekan ataupun hari libur.
  3. Finlandia memiliki standar usia yang terbilang terlambat dibandingkan dengan negara lain, yaitu anak baru bisa memulai sekolah di usia 7 tahun. Sistem pendidikan di Finladia juga tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk murid sampai usia remaja. Namun meskipun demikian, Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.
  4. Jika Finladia adalah negara tanpa PR, maka China adalah kebalikannya. Di China, sebagian besar tugas sekolah adalah pekerjaan rumah. Remaja di Shanghai rata-rata menghabiskan 14 jam seminggu hanya untuk mengerjakan PR.

 

Nah, menurut kalian sistem pendidikan dari negara mana nih yang paling oke? Dan kira-kira sistem mana ya yang cocok banget untuk di aplikasikan di Indonesia?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *